Growth and Development Part One - Plant

Jumat, 26 Maret 2010

Sekarang kita masuk lebih dalam lagi mengenai perkembangan dan pertumbuhan. Kali ini aku akan membahas lebih spesifik, pertama-tama yang akan dibahas adalah pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Tumbuhan memiliki sistem pertumbuhan dan perkembangan yang kompleks, namun jangan khawatir, semua masih bisa dijelaskan dengan pemahaman yang jelas, jadi keep on reading yah guys..!

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dimulai dengan pertemuan antara sel kelamin jantan dan betina. Setelah itu akan dihasilkan tumbuhan baru yang terus bertumbuh juga berkembang sampai jadi tumbuhan dewasa yang mampu berbuah dan berbunga. Untuk dapat tumbuh dan berkembang, tumbuhan dipengaruhi faktor-faktor yang sudah kita bahas sebelumnya, terutama faktor nutrisi dan lingkungan. Kalau kalian punya tanaman di rumah yang terus bertambah tinggi dan lebat buahnya, berarti itu tandanya kalian berhasil memenuhi syarat semua faktor sehingga pertumbuhan dan perkembangan tanaman kalian dapat berjalan lancar.

Sesungguhnya pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan ini dapat terjadi di beberapa bagian tertentu, misalnya saja ujung akar dan batang. Jikalau pertumbuhan dan perkembangan terjadi pada bagian tersebut, maka kalian dapat menyebutnya sebagai 'pertumbuhan terminal'. Wah apa itu?

Pertumbuhan Terminal

Pertumbuhan terminal pada ujung akar dan batang memiliki 3 daerah yang sedang aktif bertumbuh dan berkembang. 3 daerah itu bisa diuraikan menjadi, daerah pembelahan, daerah pemanjangan, dan daerah diferensiasi.

-Daerah pembelahan(maristematik) terletak di bagian paling ujung, pada bagian ini akan terjadi pembelahan sel yang menghasilkan pembentukan sel-sel baru. Sel-sel di daerah ini aktif membelah diri.
-Daerah pemanjangan merupakan hasil dari pembelahan sel-sel meristem yang telah kita bahas sebelumnya. Sel-sel yang dihasilkan dari daerah pembelahan akan bertambah besar ukurannya sampai mejadi suatu daerah baru yang kita sebut daerah pemanjangan.
-Daerah diferensiasi terletak di belakang daerah pemanjangan. Sel-sel di daerah ini akan mengalami diferensiasi. Yang artinya sel tersebut akan berubah/bertransformasi menjadi sesuai dengan fungsinya, misal saja ada sel yang akan berubah menjadi epidermis, korteks, xilem, floem, atau jaringan parenkim, kolenkim, dan macam-macam lainnya. Inilah asal mula terbentuknya organ tumbuhan.

Selesai dengan pertumbuhan terminal, bahasan kita sekarang adalah macam-macam pertumbuhan. Nah pertumbuhan dalam tanaman ini dibagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder.
Pertumbuhan primer sperti namanya, merupakan pertumbuhan yang disebabkan oleh kegiatan titik tumbuh primer yang terjadi di ujung akar/batang. Titik tumbuh primer terbentuk sejak tumbuhan masih berupa embrio. Pertumbuhan primer ini menghasilkan pertambahan panjang batang dan akar. Sedangkan pertumbuhan sekunder sendiri disebabkan oleh kegiatan jaringan kambium. Masih ingat kan pada 'kambium' ini? Ya, sifat kambium itu aktif membelah diri. Tetapi sayangnya kambium hanya terdapat pada tumbuhan dikotil serta Gymnospermae. Hasil dari pertumbuhan primer ini adalah diameter batang bertambah besar.


Terakhir, kita akan membahas tentang metagenesis pada tumbuhan secara singkat. Jadi begini, sebuah tumbuhan yang memiliki siklus hidup bergantian antara generasi seksual/generatif dengan generasi aseksual/vegetatif, itu berarti dia dinamakan metagenesis. Kasus ini biasa terjadi pada tumbuhan lumut dan paku.

0 komentar: